Posted by: achmadrivainoor | July 27, 2008

PERTUMBUHAN ANAKAN ULIN

RESPON PERTUMBUHAN ANAKAN ULIN (Eusderoxylon zwageri T et B) DENGAN PEMBERIAN EKTOMIKORIZA DI BAWAH TRUBUSAN AKASIA MANGIUM DI SEBUHUR KAB.TANAH LAUT

(Achmad Rivai Noor dan Yustina Savitri)

Jenis pohon Ulin termasuk dalam katagori toleran terhadap cahaya matahari, artinya pertumbuhannya memerlukan naungan, intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan waktu masih anakan lebih kurang 37,5 s/d 45 % . Untuk itu percobaan penanaman Ulin dilakukan pada trubusan Akasia mangium yang berumur 4 tahun.

Pertumbuhan tanaman Ulin ini termasuk lambat, oleh karena itu perlu upaya memacu pertumbuhan Ulin tersebut pada tingkat anakan, pada penelitian ini dilakukan pemberian mikoriza berupa tablet ektomikoriza.

Penanaman dilakukan pada bulan Februari 2007 dengan Jarak tanam dibuat 5 x 5 meter, perlakuan pemberian tablet ektomikoriza 1 dan 2 tablet ditambah control, ada perlakuan lain tinggi tanaman Ulin dikelompokkan dalam tiga tingkatan tinggi anakan, setiap kombinasi perlakuan diulang 10 kali, jadi jumlahnya 3 x 3 x 10 = 90 tanaman.

Pengamatan tahun perama dilakukan pada bulan Februari 208, dengan hasil pengamatan sbb:

Persentase hidup tanaman Ulin adalah 56/90 x 100 % = 62,22 %, dan tinggi tanaman Ulin setelah satu tahun berjalan berkisar antara 29 ā€“ 95 cm dan rata-rata tinggi tanaman Ulin berkisar 61,4 cm. Kelompok tanaman Ulin dengan tinggi < 60 cm sebanyak 27 % dan tinggi tanaman Ulin 60 ā€“ 95 cm sebanyak 73 %. Perlakuan pemberian ektomikoriza tidak berpengaruh serta perbedaan tinggi tanaman juga tidak berpengaruh. Pengamatan ini akan berlanjut ke tahun-tahun berikutnya.


Responses

  1. tanaman uli bs tumbuh pada tanah yang kurang subur dan keasaman yang cukup tinggi (BTR palembang) di kalteng tepatnya pulang pisau BPTH Kalimantan membuat Unit percontohan pada tahun 2006 akhir dgn luas kurang lebih 2 ha dgn jaak tanam 4 x 2 dmn perlakuan pmeliharaan hnya pembersihan tanaman, pemupukan dengan NPK….berdasarkan data terkhir rata2 tinggi tanaman dhampir 2 m dmn tanaman trtinggi mencapai 3 m dan terendah yaitu tanaman sulaman

  2. Utk aplikasi ekto ke ulin, jenis ektonya apa ya? apa ektonya asli dari ulin itu sendiri? Tq infonya…

  3. Saya menjual mikoriza, bisa mengirim ke seluruh Indonesia. Silakan hubungi saya di 087870181552 atau email ke mundirun07@gmail.com. Gabung juga di grup facebook MIKORIZA.

  4. […] Peneliti : Achmad Rivai Noor dan Yustina Savitri. Selengkapnya ….. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: